Senin, 24 Desember 2012

VOID

Dalam C dan C + +
Sebuah fungsi dengan tipe void hasil berakhir baik dengan mencapai akhir fungsi atau dengan mengeksekusi pernyataan kembali dengan tidak ada nilai kembali. Jenis kekosongan juga dapat muncul sebagai satu-satunya argument dari proto type fungsi untuk menunjukkan bahwa fungsi tidak membutuhkan argumen. Perhatikan bahwa meskipun nama, dalam semua situasi, jenis kekosongan berfungsi sebagai jenis tulisan , bukan sebagai nol atau jenis bawah, meskipun tidak seperti jenis unit nyata yang merupakan tunggal, jenis kekosongan dikatakan terdiri kosong set nilai-nilai, dan bahasa tidak menyediakan cara untuk menyatakan sebuah objek atau mewakili nilai dengan tipe Void.
Dalam versi awal dari C, fungsi tanpa hasil tertentu gagal untuk tipe kembali int dan fungsi tanpa argumen hanya memiliki daftar argumen kosong. Pointer ke data untyped dinyatakan sebagai bilangan bulat atau pointer ke char . Beberapa C awal kompiler memiliki fitur, sekarang dilihat sebagai annoyance, menghasilkan peringatan pada setiap panggilan fungsi yang tidak menggunakan nilai fungsi itu dikembalikan. Kode lama kadang-kadang melemparkan fungsi tersebut panggilan untuk membatalkan untuk menekan peringatan ini. Pada saat Bjarne stroustub mulai bekerja pada C++  pada 1979-1980, batal dan tidak berlaku pointer adalah bagian dari dialek bahasa C didukung oleh AT & T yang diturunkan kompiler.
Penggunaan eksplisit kekosongan vs memberikan argumen tidak ada dalam proto type fungsi memiliki semantik yang berbeda di C dan C + +, sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:

C
C + + setara
void f(void); void f(); //preferred
void f(void); void f(void);
void f(…); /*accepts a variable number of arguments*/ void f(…); //accepts a variable number of arguments
void f(); /*accepts a constant but unknown number of arguments*/ // no equivalent


 FUNGSI VOID

Fungsi yang void sering disebut juga prosedur. Disebut void karena fungsi tersebut tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi tersebut.

Ciri-ciri Program :
- tidak adanya keyword return.
- tidak adanya tipe data didalam deklarasi fungsi.
- menggunakan keyword void.
- Tidak dapat langsung ditampilkan hasilnya
- Tidak memiliki nilai kembalian fungsi
- Keyword void juga digunakan jika suatu fungsi tidak mengandung suatu parameter apapun.


Contoh Program C++ void mencari volume balok:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void volume(int &vol, int p, int l, int t)
{ vol = p*l*t; }
void main(){
int pj,lb,tg, hsl;
cout<<"Panjang = ";cin>>pj;
cout<<"Lebar = ";cin>>lb;
cout<<"Tinggi = ";cin>>tg;
volume(hsl,pj,lb,tg);
cout<<"\nVolume = "<<hsl;
getch();
}
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar